Ramadhan Harapan dan Cinta

805

Disudut bathinku yang kosong kutulis sebuah kenangan yang tersisa dari puing-puing harapan yang pernah berhamburan ditiup angin senja.

Kutanya pada anak-anak diluar sana sehabis taraweh, apa yang dibicarakan. Tapi tiba-tiba sebuah pesan berdering dari selularku. “..om hapenya bunyi tuch,..” “..oh sebentar yach?!..” kataku mencoba menimpalinya setelah itu kulanjutkan untuk bertanya pada anak-anak itu tentang makna Ramadhan. Ada yang menjawab dengan kepolosan dan keluguan, ada juga yang nyeleneh. Tapi yang pasti mereka sangat bergembira menyambut kedatangan Ramadhan meskipun dengan kepolosan.

Kegembiraan mereka sangat polos, penuh dengan harapan apa yang diimpikannya, hari raya dengan baju baru dan juga sepatu baru.

Saat remaja dulu, aku sangat bergembira dengan datangnya Ramadhan, kumpul bersama teman-teman untuk taraweh bareng. Tapi ada sesuatu harapan yang pasti, bisa bertemu seseorang yang selalu hadir dihati. Kalau dulu ada istilah asmara subuh dan jalan-jalan subuh. Tahulah moment seperti itu sangat dirindukan remaja pada waktu itu. Mencari kesempatan untuk lebih dekat dengan sang pujaan hati atau sekedar cuci mata dan mencari pasangan.

Lho,..makna Ramadhannya kemana yach?…entahlah saya juga dulu menikmati moment seperti itu, sebuah harapan dan juga cinta.

Ketika kutanya pada orang-orang tua tentang makna Ramadhan, mereka menjawab ada yang bergembira ada juga yang bingung..kutanya kenapa?…katanya harga-harga melonjak, kebutuhan bertambah belum lagi menghadapi hari raya..

Setelah kurenungi ternyata mereka menyambut Ramadhan belum sepenuhnya masuk kedalam relung jiwa. Mereka masih didominasi oleh kehidupan duniawi. Padahal Ramadhan adalah sebuah bulan untuk berintopeksi kepada sang pencipta dan juga bulan yan penuh rahmat Illahi.

Hanya segelintir saja yang mengerti kehadiran Ramadhan, kalau begitu saya kirim milis saja lewat sms tentang makna Ramadhan antara harapan dan cinta,..siapa tahu Tuhan menilai kebaikan kita,… pikirku mencoba sebuah ide.

Tinggal di Bekasi, selain menulis,fotografi merupakan hobi barunya meski baru menjajaki bidang ini kenginan belajar tentang hal yang baru sangat ia sukai, menyukai tantangan dan apa yang ingin diraihnya takkan pernah ia menyerah.

Baca Juga

702

736