Hasil Pileg 34 Kursi DPRD Indramayu Wajah Baru

623

INDRAMAYU, ER.Net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu dapat dipastikan akan menetapkan hasil perolehan suara pada pemilihan umum legislatif bagi caleg yang menduduki kursi DPRD Indramayu, pada 11 mei 2014 nanti.  Partai Golkar masih mendulang suara terbanyak yaitu 335.474 suara. Dengan jumlah tersebut, Golkar diprediksi hanya akan meraih 19 kursi perolehan sebelumnya 24 kursi. Sementara di posisi kedua adalah PDIP dengan 130.991 suara, atau  memperoleh 7 kursi masih bertahan dengan perolehan sebelumnya 7 kursi dan disusul PKB dengan 106.433 suara atau 7 kursi mengalami kenaikan sebelumnya meraih 7 kursi. Tiga Partai itulah yang menjadi jawara pemenang pileg tiga besar perolehan suara partai.

Sementara Partai Gerindra menduduki posisi strategis pada urutan ke empat dengan meraih dukungan 65.948 suara dan berhak mendapatkan 5 kursi sebelumnya hanya 1 kursi. Sedangkan PKS tetap bertahan dengan dukungan 58.094 suara memperoleh 4 kursi sebelumnya juga 4 kursi. Kemudian pendatang baru agen restorasi perubahan, Partai Nasdem, mampu meraih 44.778 suara meraih 3 kursi. Disusul Partai Hanura bertahan dengan memperoleh 2 kursi dengan dukungan 49.708 suara, sebelumnya juga 2 kursi. Sementara pada posisi terahir Partai Demokrat mengalami penurunan yang sangat drastis  hanya meraih 44.105 suara atau 3 kursi sebelumnya Partai bidikan SBY memperoleh 5 kursi. Berdasarkan perolehan suara parpol dan suara masing-masing caleg, dipastikan anggota DPRD Indramayu periode  2014-2019 akan didominasi wajah baru. Dari 50 orang anggota DPRD Indramayu, diprediksi hanya sekitar 16 orang incumbent yang kembali terpilih dan sisanya 34 orang pendatang baru.

Dari Partai Golkar masih ada Taufik Hidayat SH, Cuengsih, Syaefuddin, Asniyah, Ibnu Rismansyah, Drs H Muhaemin, Uu Sukarsih Suin, H Kasum, Hj Siti Ubaedah, dan Alam Sukmajaya. Kemudian dari PDIP ada dua incumbent yang diprediksi duduk kembali adalah Ruslandi SH dan Liyana. Kemudian dari PKB masih ada Dalam SH KN dan Ahmad Khudzaefah SPdI. Selain itu masih ada Mislam dari PKS dan H Kasan Basari SH dari Gerindra.

Sementara 34 anggota lainnya sudah tentu merupakan muka baru. Dari Partai Golkar ada nama Yayah Juhriyah, Kursiah, Warli SE, Tarwidi, Hj Siti Nurlaela, Darinah, Siti Aminah, Wardah, dan Karsiwan. Muka baru di PDIP diantaranya Sirodjudin, Roni Januri, H Rochman, Junaedi, dan Estim Enting.

Dari PKB juga dipenuhi muka baru seperti H Abas Assafah yang merupakan Ketua DPC PKB Indramayu, H Azun Mauzun, Mohammad Solihin SSos, Ahmad Muzani, dan H Carmuni. Kemudian dari Gerindra nama-nama baru yang diprediksi duduk adalah Muhammad Marzuki, Iis Naeni, Drs Abdul Muin, dan Turah.

Sementara dari PKS ada nama Ruswa SAg MPd, Ir H Didi Muhajiri, dan Bhisma Panji Dhewantara SSi Apt. Partai Demokrat, dari tiga orang caleg yang diprediksi terpilih juga merupakan muka baru, yaitu Taufiq Hadi Sutrisno, H Nico Antonio ST, dan Sandi Jaya Pasa.

Begitu juga Nasdem, ketiganya sudah tentu merupakan wajah baru, yaitu Junedi SPdI, Ruyanto dan Robiin ST. Sedangkan dari Hanura, ada nama H Ahmad Fathoni dan Margani.

Sementara itu Pusat Kajian Politik dan Agama, H. Totok Sukarno mengatakan, hasil perolehan suara partai politik pada pemilu legislative 2014 kemarin, didominasi oleh wajah baru hingga 34 orang, hal itu menunjukan harapan dan keinginan rakyat untuk melakukan perubahan yang cepat terhadap kondisi Indramayu selama ini, sehingga diakui atau tidak fakta telah berbicara, kompetisi telah usai dari 50 anggota DPRD Indramayu terpilih pada pemilu 2009 kemarin, 19 orang incumbent telah menjadi tumpuan dan harapan masyarakat untuk tetap berkarya disinggasana parlemen.

“Tinggal bagaimana komitmen pendatang baru, karena konsekwensi sebuah politik, aka nada harga yang harus dibayar yakni amanat rakyat,”ungkapnya kepada ER.Net.

Pihaknya berharap, potret dan masa depan lembaga terhormat kedepan akan mewarnai nuansa demokrasi yang santun dan berpihak kepada kepentingan rakyat, umat dan bangsa.imbuhnya.(red)

Wartawan Wilayah Indramayu Barat