Serunya Online Shopping

705

Memasuki era teknologi berorde tinggi seperti sekarang ini, kala internet telah menjadi kebutuhan primer oleh kebanyakan orang, situs belanja online kian berkelabat di jagat dunia maya. Bak jamur di musim hujan, jumlah toko online tumbuh pesat seiring meningkatnya kebutuhan konsumen.

Begitulah adanya. Belanja online sudah menjadi tren tersendiri bagi masyarakat. Toko online tak ubahnya bak oase bagi pecinta online shopping. Tak bisa dipungkiri, kehadiran toko online mengusung sejuta kelebihan dan kemudahan tersendiri bagi konsumen, khususnya mereka yang getol berselancar di dunia maya.

Rizka Aprilia, salah seorang penjelajah dunia maya, mengaku begitu kepincut dengan online shopping. Menurutnya, berbelanja via online jauh lebih hemat dibanding toko reguler pada umumnya. “Saya lebih sering belanja online daripada belanja di toko-toko. Kalau belanja lewat online, sudah pasti lebih murah dan jauh lebih hemat. Hemat dari segi ekonomi, hemat juga dari segi waktu karena tinggal cari di google tanpa harus datang ke tokonya. Iya gak?” kata Rizka kepada Bisnis Sultra belum lama ini.

Di sisi lain, maraknya toko online memberikan kepraktisan dalam hal berbelanja, apalagi bagi mereka yang memiliki kesibukan yang sangat tinggi sehingga untuk datang langsung ke toko hanya untuk membeli barang tidak sempat.

Benefit atau keuntungan lain, tutur Rizka, toko online merupakan solusi terbaik untuk mendapatkan barang langka yang biasanya sulit ditemukan di toko-toko terdekat. Sementara itu, toko online memang menawarkan seonggok barang yang dibutuhkan oleh konsumen, mulai buku, aksesoris, kosmetik, pakaian, dan lain-lain.

Bagi Rizka, belanja online telah menjelma menjadi gaya atau tren masyarakat urban masa kini. Dengan belanja online seolah-olah memiliki kepuasan tersendiri. Bagimana tidak, toko online dapat diakses kapanpun dan dimanapun tanpa terikat oleh ruang dan waktu. Di kantor, di kampus, tak kenal siang ataupun malam. It’s oke, toko online bisa diakses.

“Biasanya sih kalau perempuan, yah beli pakaian, sepatu atau aksesoris. Memang seringnya lewat online karena pasti banyak pilihan. Jadi bisa lebih puas belanjanya,” tutur Rizka.

Meskpiun menjanjikan sejuta pilihan dan manfaat yang menggiurkan, namun melihat maraknya penipuan lewat dunia maya, maka konsumen tetap dituntut agar berhati-hati untuk menggunakan jasa toko online. Beberapa hal yang perlu diperhatikan menurut perempuan berambut sintal ini, yakni memilih toko online yang memang telah terercaya dan memperhatikan secara detil barang yang akan dibeli.

“Jangan terlalu cepat percaya sama situs online. Kalau mau aman, ambil langsung nomor kontak si penjual sehingga bisa komunikasi lebih dekat. Banyak bertanya. Kemudian, barangnya juga diperhatikan baik-baik, jangan sampai tidak sesuai ukuran, Intinya, tetap waspadala,” jelas Rizka seraya berseloroh.

Rizka Aprilia Kendari
Rizka Aprilia Kendari
Ady Akbar,salah seorang anak dari kampung Talabangi-Kab.Pinrang-Sulawesi Selatan.