Harumkan Nama Kampus,Diksar ke-4 GEMPA UMMY SOLOK

846

Solok,Eksposrakyat– Gerakan Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (GEMPA UMMY) Solok merupakan organisasi yang banyak mencetak aktivis-aktivis kampus yang bergerak dalam kegiatan alam terbuka, misi sosial kemanusiaan dan pelestarian alam.

IMG_3007

Ketua GEMPA UMMY Solok, Mahendri Eka Putra,SE, Senin (8/12) saat diwawancara di sekretariat Mapala, menyatakan bahwa Diksar merupakan sebagai salah satu syarat bagi mahasiswa UMMY Solok yang ingin bergabung kedalam organisasi GEMPA UMMY Solok. Selain itu diksar juga merupakan ajang seleksi dan media menambah pengetahuan bagi calon anggota tentang kegiatan alam terbuka.

“ Setiap mahasiswa Universitas Mahaputra Muhammad Yamin yang ingin menjadi anggota Gempa Ummy Solok wajib mengikuti diksar terlebih dahulu. Diksar ini merupakan Diksar angkatan yang ke-4.” kata Mahendri Eka Putra

Selanjutnya, Mahendri juga mengungkapkan, kegiatan ini sangat didukung oleh pihak kampus, dengan hadirnya Kepala Bagian Kemahasiswaan, Arfimasri, SE yang mewakili Rektor UMMY Solok ketika upacara penutupan Pendidikan Dasar (Diksar)  GEMPA UMMY Solok, di Embung Tabek Panjang Kanagarian Koto Gadang Guguk Kabupaten Solok.

“GEMPA UMMY Solok merupakan organisasi yang banyak mencetak aktivis-aktivis kampus yang bergerak dalam kegiatan alam terbuka, misi sosial kemanusiaan dan pelestarian alam. Saya mewakili pihak Rektorat UMMY Solok pada prinsipnya sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi GEMPA UMMY Solok, sudah banyak sumbangsih yang diberikan oleh organisasi Gempa Ummy Solok sejak berdiri hingga sekarang dan dapat mengharumkan nama kampus Ummy Solok. Sambutan Pak Arfimasri, SE, saat menutup kegiatan Diksar,” ungkap Mahendri.

IMG_2996

Acara penutupan sekaligus pelantikan siswa yang lulus Diksar menjadi angkatan muda tersebut juga dihadiri oleh Ketua Dewan Legislatif Mahasiswa (DLM) Dori Octaviandi, Presiden Mahasiswa Haryanto Arbi, Ketua Sekber Pecinta Alam Solok dan seluruh anggota GEMPA UMMY Solok.

“Saya atas nama keluarga besar GEMPA UMMY Solok juga mengucapkan terimakasih atas kehadiran Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Solok dan Kota Solok, Korda Solok Sekber PA Sumbar, Komandan resimen Mahasiswa, Pers Kampus UMMY Solok dan undangan lainnya, saat pembukaan diksar di Kampus II UMMY Solok pada tanggal 31 Oktober 2014 lalu,” tambahnya.

Ketua Panitia Pelaksana Diksar, Husnul Ikbal, yang mendampingi Mahendri juga menjelaskan, Diksar angkatan ke -4 terdiri dari beberapa tahapan, mulai dari tahapan seleksi ,Tahapan basic dan Tahapan operasional. Pada tahapan seleksi, para pendaftar diseleksi kelengkapan administrasi pendaftaran, seleksi tertulis dan seleksi fisik.Calon anggota yang lulus pada tahapan seleksi akan mengikuti tahapan basic dan tahapan operasional. Pada tahapan basic siswa dibekali dengan materi-materi dan simulasi kecil tentang ilmu kegiatan alam terbuka dan pada tahapan operasional siswa adalah tahapan praktek dari ilmu-ilmu yang dipelajari pada tahapan basic.

“ Dari 23 orang yang mengikuti tahapan Diksar dari awal hingga proses pendidikan selesai, akhirnya hanya 4 orang yang yang  lulus dan resmi dilantik menjadi Angkatan Muda GEMPA UMMY Solok,” ungkap Husnul

Husnul Ikbal juga mengharapkan, semoga Angkatan Muda yang baru dilantik, dapat menjaga mental ideologi dan loyalitas terhadap organisasi GEMPA UMMY Solok. Kedepan Angkatan Muda ini, agar dapat menambah kemampuan dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh organisasi, baik pelatihan-pelatihan, Pelestarian Lingkungan, Misi-misi SAR dan Penanggulangan Bencana.

“ Semoga Angkatan Muda yang baru dilantik dapat menjaga ideologi dan loyalitas terhadap organisasi GEMPA UMMY Solok serta menjaga dan mengharumkan nama Kampus baik di daerah maupun di kancah Nasional,” ujar Husnul. (Syafriadi/Abenk)

 

 

Berlangganan Berita via Email :

Wartawan Muda, menulis di sejumlah Tabloid dan Mingguan Sumatera Barat.