Ungkrung, Makanan Ekstrim dari Gunungkidul

571
Ungkrung goreng disajikan dengan sederhana
Ungkrung goreng disajikan dengan sederhana

Gunungkidul – Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta selain terkenal wisata alamnya juga terkenal ragam kulinernya. Seperti kuliner berbahan lokal bahkan ekstrim masih dapat ditemui disana. Selain walang goreng dan laron goreng, ungkrung menjadi daftar menu kuliner ekstrim berikutnya.

Ungkrung merupakan bakal kepompong dari ulat jati yang berada di dalam tanah. Prosesnya setelah memakan daun jati, ulat-ulat tersebut turun dan masuk ke dalam tanah untuk menjadi kepompong. Cara memasaknya pun cukup digoreng dan dibumbui garam. Walaupun sekilas terlihat mengerikan, namun rasa dari ungkrung ini sangat gurih.

Kuliner yang dapat dijadikan camilan maupun lauk ini sebenarnya tidak dapat ditemukan setiap hari. Menurut keterangan warga hanya pada musim tertentu saja ungkrung dapat ditemukan. “ungkrung ini adanya satu tahun sekali,” ujar Kamidi, salah satu pengolah ungkrung.

Karena mengandung protein tinggi, makanan ini kerap dicari. Kamidi juga mengatakan, di Gunungkidul sendiri harga ungkrung cukup tinggi, “Satu kilonya bisa sampai Rp60.000,-“ tambahnya. (day)

kakak day merupakan sebuah makhluk hidup berjenis manusia yang mengaku dirinya laki-laki. berdomisili di Jogja, kota seniman dan budaya. aktif dalam kegiatan sosial, ilmiah dan budaya. sering menulis di beberapa portal berita. aktifitas lain adalah menggambar, desain grafis dan fotografi. semoga menjadi inspirasi.

Baca Juga

586