Tarian untuk Tolak Kekerasan Perempuan di Jogja

451
Para wanita sedang menari dalam acara One Billion Rising (OBR)
Para wanita sedang menari dalam acara One Billion Rising (OBR)

Yogyakarta – Puluhan orang lakukan tarian bersama di kawasan Nol Kilometer Kota Yogyakarta, Sabtu (14/2/2015). Kegiatan yang melibatkan banyak perempuan tersebut bukan sekedar hiburan, melainkan bentuk kampanye simpatik. Selain menarik perhatian masyarakat yang melintas juga mengajak warga publik untuk bergabung.

 

Para wanita Yogyakarta menggelar aksi dalam rangkaian kampanye One Billion Rising (OBR), gerakan dunia melawan kekerasan seksual. Kabarnya acara semacam ini juga digelar di ratusan Negara. Tahun ini sudah ketiga kali Jogja ikut adakan One Billion Rising. Bahkan dalam acara kali ini tak hanya perempuan, kaum lelaki pun ikut turun dalam aksi tersebut.

 

Mersipun turun hujan kegiatan tetap berlangsung. Tidak tampak keraguan para peserta yang ikut menari, meskipun beberapa mengenakan jas hujan dan payung. “walau hujan mereka kelihatan bersemangat,” ungkap salah seorang warga.

 

Gerakan ini berawal dari empati kepada perempuan dan keprihatinan terhadap tingginya kasus kekerasan seksual yang menimpa perempuan. Tak hanya di Indonesia, perempuan sering menjadi objek kekerasan seksual dalam berbagai bentuk. Terlebih saat ini mulai menjalar pada perempuan dibawah umur. Adanya kampanye hendaknya dapat menggugah kepedulian terutama menyangkut perlakuan pada perempuan. (day)

foto ; flickr

kakak day merupakan sebuah makhluk hidup berjenis manusia yang mengaku dirinya laki-laki. berdomisili di Jogja, kota seniman dan budaya. aktif dalam kegiatan sosial, ilmiah dan budaya. sering menulis di beberapa portal berita. aktifitas lain adalah menggambar, desain grafis dan fotografi. semoga menjadi inspirasi.