Parende Kuliner Khas Buton

606

parendeAnggapan,belum lengkap kunjungan ke Buton kalau belum menyantap Kuliner PARENDE -nya ada benarnya Parende adalah merupakan jenis masakan ikan yang disajikan dengan kuah panas olahan kudapan khas Buton, Sulawesi Tenggara. Parende ini sangat pas di nikmati di waktu pagi, siang maupun malam baik di musim panas maupun musim dingin. Hampir semua wanita yang ada di Buton bisa memasak ikan Parende ini terkecuali yang belum tau masak.

Bahan yang perlu dikumpulkan untuk pembuatan ikan parende, yakni ikan kakap merah 500 gram dipotong menjadi enam bagian, 1.500 ml air putih, dua batang daun sereh, satu lembar daun salam, empat buah jeruk nipis (peras dan ambil airnya). tiga batung daun kemangi yang sudah diris-iris, tiga butir bawang merah (iris tipis), tiga buah belimbing wuluh, dua buah tomat hijau, satu batang daun bawang (iris tipis), enam buah cabai rawit, merica, garam, dan gula secukupnya.

Pembuatan ikan parende diawali dengan memasak air hingga mendidih, kemudian ikan kakap merah di masukan. Bersamaan dengan itu di masukan pula sereh dan daun salam di dalam air mendidih tadi. Setelah ikan terlihat matang.baru tambahkan tomat, bawang merah, daun kemangi, belimbing wuluh, jeruk nipis, daun bawang, cabai rawit, garam, merica dan gula. Untuk menambah kenikmatan bisa pula ditaburkan bawang goreng, setelah masakan tadi sudah matang.

Itulah pembuatan makanan khas Buton yang sederhana tapi mengundang selera. Masih banyak masakan kuliner lainnya yang ada di Buton, nanti akan saya posting bila ada waktu luang lagi nih. Bagi yang penasaran dengan masakan Ikan Parende ini langsung datang aja ke Buton banyak warung makan yang menyediakan parende sebagai menu utama .

Selamat Menikmati

Baca Juga

562