Obyek Wisata Sanggu Perlu Penambahan Sepeda Air

561

BUNTOK – Obyek wisata Danau Sanggu di Desa Sanggu, Kecamatan Dusun Selatan memerlukan penambahan sepeda air. Pasalnya, sarana ini sangat diminati pengunjung yang menikmati keindahan danau ini. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Hardin F Nasan saat ditemui ERnet di ruang kerjanya, Senin (9/3).

“Pada saat hari libur, sepeda air ini sangat diminati pengunjung. Saat ini jumlah sepeda air yang ada sebanyak 14 unit dan dari jumlah tersebut, empat diantaranya rusak. Kita memerlukan penambahan 10 unit lagi,” terang dia.

Ia melanjutkan pihaknya sudah mengusulkan pada tahun anggaran 2014 lalu. Namun hingga saat ini masih belum disetujui. Padahal, sepeda air ini terbukti menjadi daya tarik pengunjung yang menikmati keindangan Danau Sanggu. “Hal ini terlihat pada saat liburan keagamaan serta liburn sekolah tahun 2013 dan 2014 lalu,” kata dia.

Menurut Hardin, untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Barsel dari sektor pariwisata, Disparpora bakal mengembangkan obyek wisata Kerbau Rawa di Kecamatan Jenamas. Untuk itu, pihaknya berencana membangun fasilitas, sarana dan prasarana lain untuk mendukung lokasi wisata tersebut.

“Supaya bisa dikenal oleh masyarakat luas, kita nanti akan mempromosikannya dengan mengikuti pameran baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun tingkat nasional,” kata dia.

Dalam pameran itu, kata dia, pihaknya juga bakal memperkenalkan tempat pariwisata lainnya seperti Danau Sanggu, rumah terapung di Desa Bambaler, Kecamatan Dusun Selatan, Liang Empang dan air terjun di Kecamatan Gunung Bintang Awai.

Saya seorang wartawan aktif bekerja untuk sebuah harian Borneo News dan Palangka Post (Satu Group) di Provinsi Kalteng