LIMPA Ke-XXII Se-Sumbar Angkat Isu-isu Lingkungan Hidup

716

Kota Solok,(ER)- Organisasi-organisasi Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) di kalangan mahasiswa dalam lingkup level Universitas maupun di tingkat fakultas yang tersebar di berbagai Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang ada di Sumatera Barat, sepakat untuk mempercayai Gerakan Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (GEMPA UMMY) Solok sebagai tuan rumah agenda kegiatan Lingkar Mahasiswa Pecinta Alam Se-Sumatera Barat (LIMPA SUMBAR) ke XXII. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua GEMPA UMMY, Diko Arinda, Kamis (12/3), di ruang kerjanya, sekretariat GEMPA UMMY, gedung I UMMY Kota Solok.

Foto0791
“Sesuai amanat Lingkar Mahasiswa Pecinta Alam (LIMPA) Sumbar ke XXI di Lembah Harau, Kabupaten 50 Kota, 35 organisasi Mapala yang ada di Sumbar, secara aklamasi menunjuk GEMPA UMMY sebagai tuan rumah untuk menggelar pertemuan setiap tiga bulan sekali yang di agendakan LIMPA,” ungkap Diko Arinda.

Diko Arinda juga menjelaskan, dengan tuan rumah secara bergiliran LIMPA bukan hanya sebagai ajang silaturahmi sesama Mapala di Sumbar, namun juga sebagai media untuk latihan bersama berbagai disiplin ilmu yang berkaitan dengan penggiat alam, pembahasan isu-isu yang berkaitan dengan lingkungan hidup serta kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya, seperti aksi bersih dan konservasi alam seperti bekerja sama dengan pihak terkait.

“Selain menggelar pertemuan LIMPA, nantinya kegiatan ini juga dalam rangka menyambut HUT GEMPA UMMY ke- 4,” tambahnya.

Secara terpisah Ketua Pelaksana Forum Silahturahmi LIMPA ke-XXII, Rizal Syukri,menyampaikan, kegiatan LIMPA Ke-XXII Se-Sumbar ini rencananya akan dilaksanakan pada hari Sabtu sampai dengan Selasa, 24-26 April 2015. Berlokasi di Kampus I UMMY Solok dan Lokasi Wisata yang ada di daerah ini.

“Nantinya kegiatan LIMPA ini akan di selaraskan dengan HUT GEMPA UMMY Ke-4, sedangkan persiapan untuk acara ini telah mencapai 60 persen. Kami dari segenap jajaran panitia hampir setiap malam mengadakan rapat koordinasi untuk suksesnya kegiatan ini,” kata Rizal Syukri.

Presiden lembaga Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UMMY Solok, Hariyanto Arbi, sangat mendukung bahkan selalu siap untuk memfasilitasi kegiatan yang akan dilaksanakan oleh para rekan-rekan mahasiswa yang tergabung di GEMPA UMMY tersebut. Apalagi kegiatan tersebut memperkenalkan Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok di mata organisasi Mapala se-Sumbar serta mengangkat citra dan potensi daerah Solok di tingkat Provinsi bahkan Nasional.

“Saya sangat mengharapkan, nantinya kegiatan tersebut lebih terfokus isu-isu lingkungan hidup beserta solusinya. Bisa dengan melakukan Aksi bersih dan Konservasi Alam, mengingat sudah banyaknya rimba yang hilang fungsi akibat ilegal logging yang marak terjadi dan belum mampu diatasi oleh Pemerintah serta pihak terkait,” ujar Hariyanto Arbi. (Devy Abenk)

Berlangganan Berita via Email :

Wartawan Muda, menulis di sejumlah Tabloid dan Mingguan Sumatera Barat.