Darahku untuk Nusantara, Donor dan Cek Darah Persembahan GAFATAR

442

Darahku untuk Nusantara 1a

Gerakan Fajar Nusantara (GAFATAR) D.I. Yogyakarta bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) kembali menggelar acara donor darah massal. Donor darah GAFATAR yang ke-12 kalinya ini bertajuk “Darahku untuk Nusantara”. Acara akan berlangsung hari Minggu pukul 10.00 hingga 17.00 WIB di Jogja City Mall, Jl. Magelang KM 6, Sleman (12/4).

Donor darah diikuti oleh anggota GAFATAR, Komunitas ICJ, mahasiswa dan masyarakat umum. Panitia mengundang secara terbuka untuk hadir dan berkontribusi menjadi pendonor. Karena acara bersifat terbuka maka siapapun dapat ikut andil dan berkontribusi disana. Donor darah kali ini menghasilkan 205 kantong darah yang akan digunakan bagi yang membutuhkan.

“Donor darah yang diadakan GAFATAR selalu bersifat terbuka, berapapun kantong darah yang didapat kita serahkan untuk membantu yang membutuhkan,” ungkap Shidiq Nur Hidayat selaku panitia publikasi. “Kami mengajak pendonor seluas-luasnya tanpa memandang suku, ras, agama dan status sosial,“ tambahnya.

Selain donor darah, GAFATAR juga mengadakan pelayanan cek kesehatan dan konsultasi gratis saat acara berlangsung. Turut hadir dr. Dewi Masithoh beserta Tim Kesehatan sebagai tenaga medis. Pengecekan meliputi kadar asam urat, gula darah dan tekanan darah bagi masyarakat maupun pengunjung Jogja City Mall. Tim kesehatan berhasil melayani pengecekan kesehatan 120 pengunjung yang datang.

Darahku untuk Nusantara 2a

Hadir pula para pengisi acara untuk menghibur para endonor maupun pengunjung. Pengisi acara dari band D’Mocaf, Wisata Notasi, UKMF Music Camp dan PKBM Permata Nusantara. “Ada juga doorprize dan kuis selama acara,” ungkap Syauqi Attaufani panitia sebagai divisi acara.

Agenda donor darah memang rutin diadakan GAFATAR bersama PMI setiap 3 bulan. Hal tersebut bertujuan mengajak masyarakat untuk ikut peduli dan berbagi. Selain itu sebagai bentuk kontribusi nyata untuk bangsa dalam hal sosial. Sebagai organisasi kemasyarakatan yang bergerak dalam bidang sosial, ilmiah dan budaya, GAFATAR di D.I. Yogyakarta telah menggelar ribuan bakti sosial, menjalin ratusan relasi dan menginisiasi puluhan kampung binaan. (day)

Berlangganan Berita via Email :

kakak day merupakan sebuah makhluk hidup berjenis manusia yang mengaku dirinya laki-laki. berdomisili di Jogja, kota seniman dan budaya. aktif dalam kegiatan sosial, ilmiah dan budaya. sering menulis di beberapa portal berita. aktifitas lain adalah menggambar, desain grafis dan fotografi. semoga menjadi inspirasi.