Wajah Baru Warnai Panwascam Se-Bumi Reyog

382
Ketua Panwaslu Kabupaten Ponorogo, Wasijan. (Foto : Muh Nurcholis)
Ketua Panwaslu Kabupaten Ponorogo, Wasijan. (Foto : Muh Nurcholis)

PONOROGO – Usai melakukan penjaringan disertai berbagai tes, akhirnya Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Ponorogo berhasil merekrut 63 anggota Panitia Pengawas Tingkat Kecamatan (Panwascam).
Ketua Panwaslu Ponorogo, Wasijan, mengatakan, setiap kecamatan nantinya ada 3 anggota Panwascam, dengan jumlah kecamatan se-Kabupaten Ponorogo yakni 21. Sebelumnya proses seleksi panwascam ini sempat menuai protes dari berbagai kalangan, namun pada akhirnya Panwaslu Kabupaten Ponorogo menetapkan Panwascam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Ponorogo sejumlah 63 anggota tersebut yang akan bertugas di 21 Kecamatan di Kabupaten Ponorogo. Rinciannya, tiga orang anggota per kecamatan.
Dari jumlah panwascam yang lolos 3 besar tersebut terjaring setelah melalui proses seleksi yang begitu panjang. Sebagian besar didominasi 70% wajah-wajah baru, artinya ini menunjukan bahwa proses seleksi benar-benar dilakukan secara prosefional. “Hasil seleksi anggota Panwascam sudah kami umumkan, yaitu 63 orang dari 21 kecamatan yang ada,” ujar Ketua Panwaskab Wasijan kepada beberapa jurnalis.
Lanjutnya, Wasijan juga berharap anggota Panwaslu Kecamatan yang telah lulus seleksi ini memiliki komitmen dan integritas dalam mengawal proses Pilkada. “Dalam waktu dekat ini kita terlebih dahulu melakukan pelantikan sekaligus melaksanakan rapat koordinasi. Dalam kesempatan itu kita akan mempertegas komitmen dan integritas mereka, sehingga kinerja Panwaslu kedepan dapat terukur dan bertanggung jawab,” ungkapnya.
Mantan ketua Panwancam Kecamatan Jetis ini juga menekankan, agar seluruh anggota Panwaslu tidak boleh di intervensi oleh pihak manapun dalam menjalankan tugasnya. “Ini perlu kita tegaskan kepada seluruh anggota agar dalam menjalankan tugas jangan mau diintervensi oleh pihak manapun,” terangnya. (MUH NURCHOLIS)