Peduli Kearifan Lokal, Ibas Dukung Kelestarian Seni Reyog

537
Penampilan salah satu grup seni reyog binaan Edhie Baskoro Yudhoyono di Dapil VII Jatim, tepatnya di Kabupaten Ponorogo. (Foto : Muh Nurcholis)
Penampilan salah satu grup seni reyog binaan Edhie Baskoro Yudhoyono di Dapil VII Jatim, tepatnya di Kabupaten Ponorogo. (Foto : Muh Nurcholis)

PONOROGO – Upaya mendekatkan diri terhadap semua komponen masyarakat terus digelorakan, mantan Sekjen DPP Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY) atau Ibas. Terbukti, beberapa waktu lalu EBY Team Ponorogo menghadiri serta berpartisipasi dalam parade seni reyog di salah satu desa yang ada di Kecamatan Bungkal.

Pada acara tersebut digelar berbagai kesenian rakyat khas Ponoragan, seperti Seni Reyog Ponorogo, Tari Jathil serta Tari Bujangganong. Menurut Korkab EBY Team Ponorogo, Didik Suwito partisipasi dalam acara tersebut merupakan bentuk kesungguhan Mas Ibas dalam mendekati semua elemen yang ada di Bumi Reyog Ponorogo.

Menurutnya, selain bersinergis dengan dengan jajaran DPC Partai Demokrat, DPAC Partai Demokrat maupun DPRt Partai Demokrat se-Kabupaten Ponorogo. “Kita akan terus bersinergis demi kebesaran Partai berlambang Mercy di Bumi Reyog,” imbuhnya.

Sementara itu salah satu seniman reyog di wilayah Ponorogo selatan, Marlohi mengaku bangga dengan keseriusan semua elemen dalam melestarikan seni budaya adi lihung asli Kabupaten Ponorogo. “Bentuk kesinergisan ini harus kita kembangkan serta lanjutkan ke seluruh pelosok Bumi Reyog,” harapnya. Pada kesempatan tersebut masyarakat yang hadir disuguhi dengan 2 Group Seni Reyog.

Sedangkan Ibas secara terpisah memberikan apresiasi yang besar atas digelarnya parade reyog ini, karena ternyata seni reyog adalah seni budaya yang luar biasa. “Kita punya banyak seni budaya yang harus dijaga dan dilestarikan,” ucap anggota Komisi X DPR RI ini. (MUH NURCHOLIS)