Pesona Alam Danau Kembar Dan Singkarak Di Kabupaten Solok

446
2
Dilihat dari ketinggian panorama Danau Kembar

Kabupaten Solok, Eksposrakyat – Beberapa objek wisata yang dimiliki Kabupaten Solok, Sumatera Barat, adalah Danau Kembar dan Danau Singkarak. Sedangkan nama Danau Kembar sendiri merupakan sebutan untuk Danau Diateh dan Danau Dibawah, yang mana lokasi kedua danau ini berdekatan dan memiliki kondisi alam yang mirip.

Objek wisata yang elok ini berada di Kecamatan Danau Kembar, berjarak sekitar ±60 kilometer dari Kota Padang. Dari pertigaan Lubuk Selasih, kita melaju ke arah Alahan Panjang atau belok kanan di pertigaan tersebut untuk menuju ke objek wisata yang indah itu.

DANAU-SINGKARAK1
Danau singkarak

Dan nantinya, disepanjang perjalanan, kita akan disuguhi dengan hamparan Kebun Teh yang hijau dan panorama Gunung Talang. Sesampainya kita, di daerah Simpang Tanjung Nan IV, kita belok kanan untuk menuju Dermaga Danau Diatas dan belok kiri untuk menuju Panorama Danau Dibawah.

Di Dermaga Danau Diatas, terdapat speedboat yang disewakan untuk mengantar pengunjung mengitari danau. Sementara di Panorama Danau Dibawah, Anda dapat melihat Danau Atas dan Danau Bawah serta Gunung Talang dan Gunung Kerinci.

Siapkan pakaian hangat karena Anda akan disambut dengan suhu dingin khas pegunungan. Disini kita akan disuguhi lukisan alam yang merupakan suatu anugerah tidak ternilai dari Allah SWT.

Kalau kita menuju ke utara dari kabupaten Solok ini, akan kita lihat hamparan biru nan luas serta hembusan angin yang menerpa, yang membuat pesona dari Danau Singkarak terasa has.

Banyak wisatawan lokal dan Internasional yang menghabiskan waktu untuk mengisi hari libur di salah satu situs wisata Kabupaten Solok ini. Selain pesona alam yang indah, penduduk setempat nan ramah, Singkarak juga memiliki ciri khas yang sangat istimewa untuk masalah kuliner. Ikan Bilih, sebutan ikan khas Danau Singkarak ini. Diolah dengan berbagai farian, namun ikan kecil ini tetap terasa nikmat di lidah.

Dari Lima danau yang ada di Kabupaten Solok, Danau Singkarak merupakan danau terbesar. Memiliki luas permungkaan 11.200 hektar, dengan panjang 20 Km, lebar 6.5 Km dan kedalaman sekitar 268m.

Danau Singkarak berada pada letak geografis koordinat 0, 36 derajat Lintang Selatan (LS) dan 100,3 Bujur Timur (BT) dengan ketinggian 363,5 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Pada tahun 2009 yang lalu, nama Danau Singkarak makin di kenal oleh masyarakat Nasional dan Internasional melalui Event Tour de Singkarak. Acara yang menjadi agenda tahunan Sumatera Barat ini, kian tahun kian mempesona. (Devy Abenk)

Wartawan Muda, menulis di sejumlah Tabloid dan Mingguan Sumatera Barat.