Bupati Terima 1.406 Mahasiswa KKN Dari 8 Perguruan Tinggi

424
231-kkn-slk
Bupati Solok, Syamsu Rahim

Kabupaten Solok, Eksposrakyat– Bupati Solok, Syamsu Rahim, menerima Sebanyak 1.406 mahasiswa dari delapan perguruan tinggi di Sumatera Barat (Sumbar), mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) tahun 2015 di Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

“Berdasarkan kesepakatan antara Pemkab Solok dengan perguruan tinggi, ke 1.406 mahasiswa tersebut akan ditempatkan sesuai jadwal pelaksanaan kegiatan masing-masing di 34 nagari (desa adat) yang tersebar di tujuh kecamatan di daerah itu,” kata Bupati Solok, Syamsu Rahim pada acara penyambutan mahasiswa program KKN-PPM di ruang Pelangi kantor Bupati di Arosuka.

Turut menghadiri acara itu Kepala BPM Kabupaten Solok, Khairi Yusri dan pejabat SKPD setempat, tujuh Camat dan perwakilan rektor dari perguruan tinggi peserta program tersebut

Bupati Solok, dalam sambutannya mengatakan, program ini merupakan kerja sama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan perguruan tinggi yang ada di Sumbar dalam rangka meningkatkan produktifitas masyarakat melalui pelaksanaan KKN-PPM. Dan program KKN PPM ini merupakan pengabdian terhadap masyarakat, yang dilaksanakan langsung oleh mahasiswa.

“Program ini merupakan bentuk kegiatan akademis dengan cara memberikan pengalaman kepada mahasiswa berada di tengah-tengah masyarakat. Mahasiswa juga dituntut untuk dapat ikut memecahkan permasalahan yang dihadapi di lingkungan masyarakat setempat,” tutur, Bupati.

“Dan program ini juga bertujuan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa tentang fungsi dan perannya dalam pembangunan nasional, sehingga dapat menumbuhkan kesadaran tentang hak dan tanggung jawab sebagai calon pemimpin bangsa,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kabupaten Solok, Syamsul Bahri, kepada Bupati melaporkan, ke 1.406 mahasiswa dari delapan perguruan tinggi itu masing-masing berasal dari Universitas Andalas sebanyak 386 Orang. Dengan jadwal 29 Juni – 13 Agustus pada 8 Nagari Dalam Kecamatan Kubung, Lembah Gumanti, IX Koto Sungai Lasi, Tigo Lurah dan Junjung Sirih.

Dari Universitas Ekasakti 80 orang, 3 Agustus – 6 September pada dua Nagari di Kecamatan Lembah Gumanti, Universitas Bung Hatta 300 Orang, 22 Juni-14 Agustus di Kecamatan Gunung Talang dan Lembang Jaya. Lalu STIE EL-HAKIM 43 orang 6 Feb – 20 Maret di Kecamatan. Kubung, STIKES Perintis 333 orang, 11 Mei- 13 Juni di 4 Nagari dalam Kecamatan Lembah Gumanti.Universitas Taman Siswa 100 orang 30 Juli- 30 Agustus pada 1 Nagari di Kecamatan Gunung.

“Selanjutnya, STAI Solok Nan Indah 100 orang, 11 Juni- 31 Juli pada 5 Nagari di Kecamatan IX Koto Sungai Lasi.Terakhir, STAIN Batu Sangkar 50 orang, 23 Juni 11 Agustus pada Nagari Tanjung Alai Kecamatan X Koto Diatas,” kata, Syamsul Bahri. (Devy Abenk)

Wartawan Muda, menulis di sejumlah Tabloid dan Mingguan Sumatera Barat.