Bamus DPRD Sepakati Bahas Ranperda Agustus Mendatang

366
59solok-99
Rapat Bamus DPRD Kota Solok, yang dipimpin oleh, Yutris Chan, SE

Kota Solok, Eksposrakyat- Rapat yang membahas tentang perpanjangan penjadwalan Rapat Internal Penyampaian 3 (tiga) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Inisiatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Solok dar Badan Legislasi dan Pembahasan 3 (tiga) Ranperda dari Pemerintah Kota (Pemko) Solok Tahun 2015, oleh Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kota Solok, yang diselenggarakan di ruang Rapat Bamus, Gedung Wakil Rakyat Kota Solok, Sumatera Barat.

Rapat Bamus tersebut langsung dipimpin oleh Ketua Bamus, Yutris Chan, SE, Sekretaris Bamus, Natsiruddin, SH dan Anggota Bamus diantaranya, Amrinof Diaz Dt. Ula Gadang, SH, Hendra Saputra, SH, H. Daswippetra Dt. Manjinjiang Alam, SE, M.Si, Angry Nursya, Zulkarnain dan Yosri Martin.

Ketua Bamus, Yutris Chan, mengatakan, karena mengingat jadwal pembahasan sebelumnya sangat bertepatan dengan bulan suci Ramadhan dan juga banyaknya kegiatan yang dilakukan oleh anggota DPRD Kota Solok, maka Bamus telah melahirkan perpanjangan jadwal kegiatan yang dimulai Senin, tanggal 3 Agustus sampai dengan tanggal 7 Agustus 2015.

“ 3 sampai 7 Agustus dengan agenda pembahasan 3 (tiga) Ranperda dan dilanjutkan Senin sampai dengan Selasa tanggal 10 – 11 Agustus 2015, rapat internal DPRD,” kata, Yutris Chan.

“Jadi Rapat internal DPRD Kota Solok dari tanggal 10 sampai 11 itu adalah dalam rangka Penyampaian Laporan Hasil pembahasan 3 (tiga) Ranperda oleh Pansus kepada pimpinan,” tambahnya.

Selanjutnya, Yutris Chan, Juga menambahkan, kegiatan akan berakhir, Kamis tanggal 13 Agustus 2015 mendatang, dengan agenda Persetujuan terhadap 3 (tiga) Ranperda dari Pemerintah Daerah dan 3 (tiga) Ranperda Inisiatif DPRD menjadi Peraturan Daerah Kota Solok Tahun 2015.

“Adapun Ranperda Inisiatif DPRD Kota Solok terdiri dari Ranperda Penempatan Dana Keuangan Daerah pada Perbankan serta Ranperda tentang Bantuan Hukum bagi masyarakat miskin,” jelas, Yutris Chan.

“Selanjutnya adalah Ranperda tentang Perubahan atas Peraturan Daerah (Perda) Pencegahan dan Pemberantasan Perbuatan Maksiat di Kota Solok,” katanya.

Sedangkan Ranperda dari Pemerintah Daerah Kota Solok adalah terdiri dari Ranperda tentang penyertaan modal dan Perubahan kedua atas Perda Kota Solok Nomor 2 Tahun 2012 tentang Retribusi jasa umum.

Dan yang terakhir adalah Perubahan Kedua atas Perda Kota Solok Nomor 3 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Usaha dari Pemerintah Daerah Kota Solok Tahun 2015, tambah, Yutris Chan.

Dengan perpanjangan jadwal kegiatan ini, diharapkan lahir 6 (enam) Peraturan Daerah Kota Solok Tahun 2015, sebagai penyalur aspirasi masyarakat dan sebagai alat pembangunan yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. (Devy Abenk)

Berlangganan Berita via Email :

Wartawan Muda, menulis di sejumlah Tabloid dan Mingguan Sumatera Barat.