Pemko Respon Keluhan Warga Persoalan Air PDAM

549
Irzal
Walikota Solok, Irzal Ilyas Dt. Lawik Basa, MM

Kota Solok, Eksposrakyat – Dengan banyaknya keluhan dari masyarakat, terkait persoalan air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Solok, yang keruh, dan tidak tersalurkan ke rumah warga, serta airnya kecil dan sebagainya, membuat Pemerintah Kota (Pemko) Solok, Sumatera Barat, langsung merespon persoalan tersebut.

Ditambah lagi yang membuat warga pelanggan air dari PDAM kecewa, pasalnya keluhan-keluhan warga sudah sering disampaikan kepada Pemerintah Kota Solok dan PDAM.

“Bagaimana kami tidak kecewa pada PDAM, karena air bersih sering tidak keluar, kadang satu atau dua hari airnya mampet,” ungkap, Fitria (35) pelanggan air PDAM Kota Solok.

Hal yang sama juga disampaikan Marlius (43) warga Kelurahan Simpang Rumbio, hanya saja selain tidak mengalirnya air kerumahnya, terkadang air yang keluar berwarna keruh.

“Seperti air dari PDAM yang mengalir ke rumah saya, ketika ditampung dua sampai tiga ember airnya keruh, setelah itu barulah bersih,” kata, Marlius.

Persolan air bersih di Kota Solok memang menjadi topik hangat dikalangan warga yang berlangganan air PDAM. oleh sebab itu masyarakat minta Pemko Solok secepatnya mencari solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut.

Menanggapi keluhan dari masyarakat, Walikota Solok, Irzal Ilyas Dt Lawik Basa, MM, mengatakan, pihaknya segera memberikan perintah kepada PDAM untuk menyelesaikan persoalan-persoalan air bersih yang ada di Kota Solok.

th
Wakil walikota Solok, Zul Elfian Dt Tianso, SH, M.Si

Irzal Ilyas, juga menjelaskan, memang banyak keluhan warga tentang air bersih yang telah berlarut-larut berlangsung di daerah ini. Dan pihak PDAM telah di perintahkan untuk mencari solusinya.

“Memang pada safari Ramadhan, persolan air itu, banyak keluhan warga langsung disampaikan kepada saya. Dan itulah fungsi adanya safari Ramadhan dilakukan, sehingga kami dari Pemko Solok, mengetahui keluhan warga tersebut dan akan dicarikan solusinya,” kata, Walikota.

Walikota, juga mengungkapkan, bahwa ia mengetahui persoalan warga tersebut, dikarenakan banyak pipa PDAM yang bocor, sehingga mengakibatkan panyaluran air terhambat. Sementara pada proses perbaikannya memakan waktu selama dua sampai tiga hari.

“Kami dari Pemko Solok, telah menerima laporan warga selama safari ramadhan. dan sekarang PDAM sedang mencari sumber air baru untuk memenuhi permintaan air bersih. Dan kemudian melakukan perawatan serta perbaikan di sejumlah titik pipa yang rusak,” ungkap, Irzal Ilyas.

Wakil Walikota (Wawako) Solok, Zul Elfian Dt Tianso, secara terpisah juga mengungkapkan, selama safari Ramadhan, banyak mendapat laporan dari warga mengenai kurangnya pelayanan penyaluran air bersih oleh pihak PDAM.

“Persoalan air bersih di kota ini sudah bertahun-tahun dan kami pihak pemerintah telah berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait untuk segera bergerak mencari solusinya,” kata, Zul Elfian.

Wawako, juga menambahkan, Pemko Solok telah menginstruksikan kepada Dinas Pekerjaan umum untuk segera memperbaiki pipa yang rusak. Sedangkan kepada PDAM diharapkan untuk dapat melakukan perawatan yang konsisten.

“Memang kami akui permintaan warga yang berlangganan air bersih tidak sebanding dengan ketersedian sumber air yang ada di Kota Solok,” ujar, Zul Elfian.

“Nanti, jika PDAM dapat mencari sumber air baru secepatnya, maka hal tersebut sangatlah tepat, mengingat banyaknya kebutuhan warga Kota Solok akan air bersih,” tambahnya. (Devy Abenk)

Wartawan Muda, menulis di sejumlah Tabloid dan Mingguan Sumatera Barat.