Wawako Solok Ajak Insan Kesehatan Sukseskan Program Kesehatan

166

Kota Solok, eksposrakyat.net – Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 tahun 2016 kali ini Pemerintah Kota (Pemko) Solok menggelar upacara yang dipimpin oleh Wakil Walikota (Wawako) Solok bertempat di lapangan Merdeka Kota Solok.

Peringatan HKN tahun 2016 ini, mengangkat tema “Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat” diikuti oleh seluruh insan kesehatan se- Kota Solok, juga di hadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Ir.Fatrial Panai, Kepala Bappeda Drs.Viveri Andra, Dirut RSUD Solok, Kepala Rumah Sakit Tentara dan Kepala puskesmas se Kota Solok.

Wawako Solok, Reinier Dt Intan Batuah dalam sambutannya sebagai pembina upacara mengatakan,  Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 52 Tahun 2016 yang mengangkat tema “Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat” harus dimaknai secara luas, seiring dengan program Indonesia sehat dengan pendekatan Keluarga melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“ Meningkatnya kasus Penyakit Tidak Menular (PTM) akan menambah beban pemerintah karena penanganannya membutuhkan biaya besar. Selain itu PTM juga menyebabkan hilangnya potensi/modal sumber daya manusia dan menurunnya prouktifitas yang akhirnya mempengaruhi pembangunan sosial ekonomi,” kata, Wawako.

Adapun lanjut, Wawako, upaya promotif dan preventif merupakan upaya yang sangat efektif untuk mencegah tingginya kesakitan dan kematian akibat PTM dan PM (Penyakit Menular). Untuk itu, perlu adanya sebuah gerakan untuk mendorong masyarakat berperilaku hidup sehat.

“ Mengingat pencegahan penyakit sangat tergantung perilaku individu dan kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana serta dukungan regulasi untuk hidup sehat, sangat diperlukan keterlibatan aktif secara terus-menerus seluruh komponen baik pemerintah pusat maupun daerah, sektor non pemerintah dan masayarakat,” tambah, Reinier kepada peserta upacara.

Pada kesempatan tersebut, Wawako Solok juga mengajak agar, Peringatan HKN ke 52 ini menjadi momentum melakukan refleksi tentang apa yang harus diberikan bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya warga Kota Solok.

“ Mari, kita bersama-sama merenungkan kembali upaya kesehatan yang bersifat promotif, kuratif dan rehabilitatif sebagai pertanggungjawaban dalam pembangunan kesehatan masyarakat. Dan kepada seluruh kompenen insan kesehatan yang ada di kota ini, mari kita secara bersama-sama untuk mewujudkan program kesehatan bagi masyarakat ini,” ujar, Reinier.

Selain upacara, pada kesempatan tersebut Wawako Solok juga menyerahkan hadiah bantuan sarana Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) untuk Sekolah Dasar (SD) kepada, SD 07 Kampung Jawa, SD 13 Simpang Rumbio, SD 10 Nan Balimo dan SD 08 VI Suku. Untuk pemenang lomba Penyuluhan Kesehatan kepada, Juara 1 Hj.Das Endiarti (Puskesmas KTK), Juara 2 Lismawati (Puskesmas Tanah Garam) dan Juara 3 Nurialis (Puskesmas Tanjung Paku).

Dan juga diserahkan oleh Wawako pemenang Lomba Mendongeng Lansia kepada, Armaida (Puskesmas Nan Balimo), Nurtati (Puskesmas KTK) dan Rostiam (Puskesmas Tanjung Paku). Pemenang Lomba membuat Logo Pelayanan Kesehatan Peduli Ramaja, M.Iqbal Karim (Ponpes Almumtaz), Khairul Basman (MAN Kota Solok)dan Bintang Marcelino (SMP 1 Kota Solok), serta Kelompok Senam Lansia Puskesmas Tanjung Paku yang berhasil meraih Juara III Lomba Senam Lansia Tingkat Provinsi Sumatera Barat. (Devy Abenk)

Berlangganan Berita via Email :

Wartawan Muda, menulis di sejumlah Tabloid dan Mingguan Sumatera Barat.